Powered By Blogger

Senin, 27 September 2010

Perkembangan sistem informasi dalam kehidupan manusia seiring dengan peradaban manusia itu sendiri sampai akhirnya mengenal istilah Teknologi Informasi (IT/Information Technology). Dimulai dari bentuk gambar yang tak bermakna pada dinding-dinding, prasasti-prasasti, sampai informasi yang kemudian dikenal dengan nama internet. Informasi yang dikekola dan disampaikan juga terus dikembangkan, dari informasi yang sederhana seperti menggambarkan suatu keadaan, sampai pada informasi strategis seperti taktik berperang.

dimulai dari

1996
- ITB terhubung ke jaringan penelitian Asia Internet Interconnection Initiatives (AI3). Bandwidth internet pun ditambah sampai 1,5 Mbps ke Jepang yang terus ditambah dengan -sambungan TelkomNet dan IIX sebesar 2 Mbps.
- Terbentuknya APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) yang memfasilitasi munculnya banyak ISP.
- Munculnya layanan internet dial up dengan akses 33,6 kbps.

1997
- Layanan internet dial-up mengalami kenaikan dari 33,6 Kbps menjadi rata-rata 56 Kbps.

1998
- Pemerintah daerah mulai masuk ke internet. Pemda pertama yang melakukan koneksi ke internet adalah Pemerintah Daerah Samarinda (www.samarinda.go.id)

1999
- Dikeluarkannya UU tentang telekomunikasi no.36/1999
- Inisiatif gerakan berbasis informasi mulai mencapai puncaknya
- Perusahaan dotcom dan media-media yang memeliki segmen pendidikan teknologi informasi bermunculan di Indonesia.
- Kegiatan promosi, pameran, seminar dan konferensi international teknologi informasi di selenggarakan secara beruntun.

2002
- Secara resmi pemerintah Indonesia meluncurkan portal nasional pada tanggal 20 Mei 2002 dengan alamat www.indonesia.go.id

2006 s/d 2009
- Sudah banyak bermunculan ISP untuk mengakomodasi kegiatan internet, provider telekomunikasi pun berjamuran baik dari dalam negeri maupun luar negeri.
- Booming Social Media.
- Jumlah pemakai internet Indonesia meningkat drastis dari yang hanya mencapai 500.000 pada tahun 1998, sekarang mencapai jumlah 35 juta user.
- Mobile Internet mulai menjadi trend.
- Digital Tv is Coming Soon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar