Powered By Blogger

Minggu, 31 Oktober 2010

tugas 4: SOFTWARE


Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.
Di bawah ini ada beberapa contoh macam perangkat lunak, yaitu:
Perangkat lunak aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.
·         Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org, yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi. Sering kali, mereka memiliki kemampuan untuk saling berinteraksi satu sama lain sehingga menguntungkan pengguna. Contohnya, suatu lembar kerja dapat dibenamkan dalam suatu dokumen pengolah kata walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja yang terpisah.
·         Perangkat lunak bebas (Inggris: free software) adalah istilah yang diciptakan oleh Richard Stallman dan Free Software Foundation [1] yang mengacu kepada perangkat lunak yang bebas untuk digunakan, dipelajari dan diubah serta dapat disalin dengan atau tanpa modifikasi, atau dengan beberapa keharusan untuk memastikan bahwa kebebasan yang sama tetap dapat dinikmati oleh pengguna-pengguna berikutnya. Bebas di sini juga berarti dalam menggunakan, mempelajari, mengubah, menyalin atau menjual sebuah perangkat lunak, seseorang tidak perlu meminta izin dari siapa pun.
·         Untuk menjadikan sebuah perangkat lunak sebagai perangkat lunak bebas, perangkat lunak tersebut harus memiliki sebuah lisensi, atau berada dalam domain publik dan menyediakan akses ke kode sumbernya bagi setiap orang. Gerakan perangkat lunak bebas (free software movement) yang merintis perangkat lunak bebas berawal pada tahun 1983, bertujuan untuk memberikan kebebasan ini dapat dinikmati oleh setiap pengguna komputer.
·         Dengan konsep kebebasan ini, setiap orang bebas untuk menjual perangkat lunak bebas, menggunakannya secara komersial dan mengambil untung dari distribusi dan modifikasi kode sumbernya. Walaupun demikian setiap orang yang memiliki salinan dari sebuah perangkat lunak bebas dapat pula menyebarluaskan perangkat lunak bebas tersebut secara gratis. Model bisnis dari perangkat lunak bebas biasanya terletak pada nilai tambah seperti dukungan, pelatihan, kustomisasi, integrasi atau sertifikasi.
·         Perangkat lunak bebas (free software) jangan disalahartikan dengan perangkat lunak gratis (freeware) yaitu perangkat lunak yang digunakan secara gratis. Perangkat lunak gratis dapat berupa perangkat lunak bebas atau perangkat lunak tak bebas. Sejak akhir tahun 1990-an, beberapa alternatif istilah untuk perangkat lunak bebas digulirkan seperti "perangkat lunak sumber terbuka" (open-source software), "software libre", "FLOSS", dan "FOSS".
·         Saat ini, umumnya perangkat lunak bebas tersedia secara gratis dan dibangun/dikembangkan oleh suatu paguyuban terbuka. Anggota-anggota paguyuban tersebut umumnya bersifat sukarela tetapi dapat juga merupakan karyawan suatu perusahaan yang memang dibayar untuk membantu pengembangan perangkat lunak tersebut.
·         Winamp adalah suatu pemutar media buatan Nullsoft, yang sekarang merupakan suatu cabang Time Warner. Winamp merupakan perangkat lunak freeware atau shareware yang dapat memainkan berbagi codec dan tipe audio dan juga dapat dikostumisasi.
·         http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/6/6c/Winamp-screenshot.PNG/220px-Winamp-screenshot.PNG
·         http://bits.wikimedia.org/skins-1.5/common/images/magnify-clip.png
·         Winamp versi terbaru
·         Winamp pertama diluncurkan oleh Justin Frankel pada tahun 1996. Pengembangan Winamp terkini mendapat pujian dari Ben Allison (benski), Will Fisher, Taber Buhl, Maksim Tyrtyshny, Chris Edwards dan Stephen (Tag) Loomis.
·         Pada tahun 2005, Winamp berkembang dari 33 juta pemakai bulanan sampai lebih 57 juta pengguna bulanan, menjadikan Winamp yang kedua yang sering digunakan untuk media pemutaran sedunia setelah Windows Media Player.
·          
·         Pemutar media (Inggris: media player) adalah istilah umum untuk mengacu kepada perangkat lunak komputer yang dapat memainkan berkas multimedia. Kebanyakan pemutar media dapat memainkan berkas audio dan video. Pemutar media yang memfokuskan pada audio atau video disebut pemutar audio dan pemutar video. Microsoft Windows memiliki pemutar media yang disebut Windows Media Player. Versi terakhirnya adalah Windows Media Player 11, yang dipaketkan bersama Windows Vista dan tersedia untuk diunduh pada Windows XP SP2. Pada sistem operasi Mac OS X, pemutar media yang disediakan adalah Quicktime Player untuk memainkan berkas video berformat Quicktime dan iTunes untuk memainkan berbagai format media. Winamp yang hanya berjalan di sistem operasi Windows mendukung iPods Apple dan berbagai format portabel lainnya seperti Zen Creative. Di Linux dikenal pemutar media seperti VLC, MPlayer, xine, dan Totem.
·          
·         Time Warner (NYSE: TWX) merupakan sebuah perusahaan multinasional yang bermarkas di New York City. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1990 setelah bergabung antara Time Inc. dan Warner Communications. Perusahaan ini mempekerjakan 86.400 pekerja pada tahun 2008. Perusahaan ini menghasilkan berbagai macam produk-produk telekomunikasi.
·         Peluncuran perusahaan Warner Bros. dan majalah TIME
·         http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/d/d1/Warner_Bros_1920.jpg/200px-Warner_Bros_1920.jpg
·         http://bits.wikimedia.org/skins-1.5/common/images/magnify-clip.png
·         Studio Warner Bros. di Burbank, California pada tahun 1920.
·         Warner Bros. didirikan pada tahun 1918 di Hollywood, Los Angeles, California, oleh empat saudara Warner: Albert Warner, Harry Warner, Sam Warner, dan Jack Warner (mereka beremigrasi dari Polandia ke Kanada). Mereka baru saja mempromosi dan memproyeksikan film-film terkenal.
·         Pada tanggal 3 Maret 1923, Joseph G. Cannon menerbitkan edisi pertama majalah TIME. TIME terbit lebih awal dari pesaing-pesaingnya, sekaligus menciptakan format majalah berita mingguan. Ia didirikan pada 1923 oleh Briton Hadden dan Henry Luce. Keduanya telah pernah bekerja sama semasa di Yale, menjadi editor dan ketua Yale Daily News. Hadden meninggal pada 1929, dan Luce menjadi orang penting di TIME dan tokoh besar dalam media pada abad ke-20.
·          
·         Kinney National Company dan Warner Communications
·         !Artikel utama untuk bagian ini adalah: Warner Communications
·         Kinney National Company, pemilik DC Comics dan majalah Mad, membeli studio Warner Bros.-Seven Arts pada tahun 1970 sebanyak $ 64 juta.[8] Perusahaan studio itu kembali lagi menjadi Warner Bros. Namun, Jack Warner menyatakan mundur.
·         Karena adanya konflik dengan perusahaan parkir, Kinney National Company memecah aset non-hiburan karena skandal keuangan selama masa operasi parkir dan berganti nama sebagai Warner Communications.
·         Pada tahun 1976, perusahaan itu memperoleh perusahaan game Atari. Proses itu membayar $ 32 juta. Setahun sebelumnya, perusahaan itu juga meluncurkan Warner-Amex Satellite Entertainment, dengan saluran pilihan berupa MTV, Nickelodeon, dan The Movie Channel. Jack Warner meninggal pada tahun 1978.
·         Akibat skandal konflik, Warner Communications menjual Atari kepada Namco (kini milik The Walt Disney Company). Midway Games juga pernah bekerjasama dengan perusahaan permainan.
·         Pada tahun 1985, Warner Communications mengaktifkan saluran VH1. Akan tetapi, pada tahun itu juga, Warner-Amex Satellite Entertainment dijual kepada Viacom. Time Inc juga mengeluarkan majalah Money, dan HBO.
·         Formasi pendirian Time Warner
·         http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/d/d6/Timewarner_old_logo.jpg/220px-Timewarner_old_logo.jpg
·         http://bits.wikimedia.org/skins-1.5/common/images/magnify-clip.png
·         Logo lama Time Warner antara tahun 1990-2001. Logo ini kemudian diadaptasi untuk logo AOL Time Warner pada tahun 2000-2002.
·         Pada tahun 1989, Warner Communications membeli Lorimar-Telepictures. 2 tahun sebelumnya, ditengah-tangah kerjasamanya dengan perusahaan Disney, Paramount Communications mengeluarkan nilai seharga $12 bilyun kepada Time Inc, memaksanya untuk memperoleh Warner seharga $ 14 juta. Paramount berusahaa merespons dengan aksi debat dan anarkis, namun kalah, dan merger berlangsung. Time dan Warner bergabung membentuk Time Warner.
Kesimpulan: setiap software memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri dan masing-masing memakai bahasa yang berbeda pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar